RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Jenjang Sekolah :
S M P/MTs ..............
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi waktu :
4 X 40’ ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.5.
Mendiskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengidentifikasi organ penyusun sistem
pernafasan pada manusia..
2.
Siswa dapat membandingkan inspirasi dan ekspirasi pada
pernafasan dada dan perut.
3.
Siswa dapat mengukur frekuensi pernafasan normal dan
udara kapasitas vital paru-paru.
4.
Siswa
dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan.
B. Materi Pembelajaran
Sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline)
Rasa hormat dan perhatian
(respect)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, eksperimen dan observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Terdiri dari organ apakah sistem pernafasan
manusia ? Apa fungsinya masing-masing organ tersebut ?
2) Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan
tubuh ? Apa manfaatnya ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami sistem pencernaan pada
manusia.
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1) Siswa dapat mengidentifikasi organ penyusun sistem
pernafasan pada manusia..
2) Siswa dapat membandingkan inspirasi dan ekspirasi pada
pernafasan dada dan perut.
3) Guru melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
4) Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
5) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
6) Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
7) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1) Siswa melakukan percobaan tentang inspirasi
dan ekspirsi dilanjutkan diskusi organ penyusun sistem pernafasan manusia
dengan bimbingan guru
2) Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
3) Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
4) Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
5) Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
6) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
7) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
2) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
1) Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
2) Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Bagaimana frekuensi pernafasan orang yang
satu dengan yang lain ? mengapa ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami organ sistem pernafasan manusia dan proses inspirasi maupun
ekspirasi.
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1) Siswa dapat mengukur
frekuensi pernafasan normal dan udara kapasitas vital paru-paru.
2) Siswa dapat mendata contoh kelainan dan
penyakit pada sistem pernafasan
3) Guru melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
4) Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
5) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
6) Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
7) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1) Siswa dengan bimbingan guru melakukan
percobaan tentang frekuensi pernafasan dan kapasitas vital paru-paru
2) Guru memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3) Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
4) Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5) Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
6) Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
7) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
8) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1) memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
2) memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3) memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4) memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a.
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b.
membantu
menyelesaikan masalah;
c.
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d.
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e.
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan
2. Charta / CD organ
pernafasan manusia.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA yang
relevan.
3. Model / Charta sistem pernafasan.
4. Siswa dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Membandingkan macam organ penyusun sistem
pernapasan pada manusia
· Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi
pada proses pernapasan
· Mendata contoh kelainan
dan penyakit pada sistem pernapasan
yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
PG
Tes
uraian
Tugas rumah
|
Pertukaran
udara secara difusi dilakukan pada ....
a.
alveulus
b. Bronkus
c.
tracea
d. polmo
Buatlah
tabel perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi
Buatlah
daftar nama kelainan dan daftar nama penyakit yang berhungan dengan sistem
pernapasan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar